Grabah Tani

  • Whatsapp
banner 468x60

Di pekan ini kami para mahasiswi bunda cekatan Ibu Profesional tengah memasuki tahap akhir dari fase telur. Tahap di mana kami diminta secara mandiri membuat peta perjalanan dalam kami mencari, mendalami, dan semoga dapat memberikan karya yang berdampak pada bidang ilmu/jurusan yang telah kami ambil di tahap sebelumnya.

Review dari perjalanan telur kami, di pekan pertama kami di minta menuliskan aktivitas ke dalam golongan :

Read More

  1. Suka dan bisa
  2. Suka tapi tidak bisa
  3. Tidak suka tapi bisa
  4. Tidak suka dan tidak bisa
Telur Hijau

Pada kuadran suka dan bisa saya menuliskan aktivitas sebagaimana berikut :

  1. Ndengerin curhatan orang
  2. Saya suka sekali masak, menguji coba resep yang sudah ada, lalu mengkreasikannya menjadi bentuk atau dengan bahan lain
  3. Saya suka sekali membina hubungan baik dengan orang
  4. Terkait dengan kesukaan di point tiga, lanjutannya adalah saya senang sekali memberi perhatian dengan menyapa orang-orang yang saya kenal
  5. Bakat sanguinis yang melekat sedari kecil di mana saya bahagia saat tampil di depan banyak orang, energi saya seolah gak ada habisnya kalau sudah harus banyak bicara
  6. dan yang terakhir, saya senang sekali bertualang, menjelajah tempat baru

Lanjut di pekan kedua, di mana kami diminta mengerucutkan, dari berbagai aktivitas suka dan bisa menjadi pencarian ketrampilan yang:

  1. Penting dan mendesak
  2. Tidak penting tapi mendesak
  3. Penting tapi tidak mendesak
  4. Tidak penting dan juga tidak mendesak

Waaw semakin pening untuk menuliskan jurnal di saat itu. Karena muncul banyak dorongan, yang mengatakan bahwa ketrampilan ini perlu segera dikuasai. Lagi-lagi saya tersadar, bahwa tidak perlu menggegas dan harus selesai dikuasai dalam waktu dekat. Perlu ada prioritas dan kesadaran diri yang tinggi untuk memilih dan memilah.

Menemukan sisi ketrampilanku

Sehingga saat itu saya menuliskan, ketrampilan yang penting dan mendesak untuk saya kuasai setidaknya dalam waktu dekat ini adalah :

  1. Literasi dan teknik menulis yang baik, demi menunjang performa saya sebagai seorang humas dan leader dalam sebuah organisasi
  2. Public speaking
  3. Seni lighting / strobist
  4. Protokoler

Lanjut di pekan ketiga, kami diajak merenung deep inside. Dari semua renungan sebelumnya, mana bidang yang betul-betul kami butuhkan, penting dan mendesak serta tak lupa kami bahagia menguasainya dan menjalankannya dalam keseharian. Maka semakin mengerucutlah apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan saya.

pilihan saya jatuh pada dua jenis penguasaan :

  1. Hospitality
  2. Photography
Penguasaan ketrampilan

Daaaan kini, di tahap akhir fase telur, kami bermain-main dengan peta perjalanan, peta belajar, atau apapun itu penyebutannya. Sesuatu tools yang memudahkan kami dalam menguasai ilmu, memudahkan kami menuju tujuan akhir, dan bisa jadi menemukan harta karun tak ternilai di akhir petualangan.

Saya tidak cukup trampil dalam menyajikan visual peta belajar saya layaknya hasil intipan teman-teman satu angkatan yang lain. Tapi semoga dengan bagan sederhana ini, selalu membuat saya on track dalam menjalani misi hidup saya, bahagia dalam semua peran yang saat ini menjadi amanah di pundak, dan menghadirkan manfaat dan dampak yang lebih luas entah di suatu hari nanti.

 

Setidaknya di waktu dekat ini saya ingin sekali mempelajari segala sesuatu berkaitan dengan HOSPITALITY.

Apakah Anda semua familiar dengan diksi tersebut?

Bukaaaaan, hospitality bukan sekadar terkait tentang rumah sakit (Well, bisa jadi anggapan ini muncul karena ada kata hospital di sana😂), walaupun rumah sakit adalah salah satu tempat yang menerapkan prinsip hospitality.

Beberapa literatur menyebutkan bahwa hospitality adalah “friendly and generous reception and entertainment of guest”, as simpel saya terjemahkan bebas, hospitality adalah seni beramah tamah dan membina good relationship antar manusia.

Nah gue banget kan tuh, yang senangnya melayani, menyapa, memastikan orang di sekitar saya sudah bahagia dan nyaman hari ini? 😍

And this is it, peta perjalanan ala saya, yang saya namakan dengan GRABAH TANI (GARIS-GARIS BESAR HALUAN CITA-CITA DAN IMPIAN), Anda salah satu orang dengan konsentrasi kesukaan dan kenyamanan yang sama dengan saya? Fixed kita satu server. 😍

Grabah Tani

 

Manokwari, 8 Februari 2021

Pepita Pears, si tukang berkhayal

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *