Laku Hidup Kupu-kupu

  • Whatsapp
banner 468x60

Ketika kita melihat kupu-kupu cantik terbang mengitari aneka penjuru rumah, kita sering secara tak sadar mengagumi keindahan sayapnya yang beraneka motif.

Hampir kebanyakan orang mengerti bahwa untuk mendapatkan bentuknya yang cantik tersebut, seekor kupu-kupu telah menjalani beragam proses dan laku kehidupan. Bermula dari sebutir telur lalu berubah bentuk menjadi ulat, untuk kemudian menjalani fase meditasi dalam prosesnya menjadi kepompong hingga saat yang tepa, kepak sayap mulai keluar dari balik selimut kepompong dan keluar, menampakkan indahnya diri pada dunia. Memukau siapa saja yang melihat dan bebas terbang berkelana mencari kuntum bunga terbaik untuk diserap sari-sarinya lalu menebar telur-telur baru sebagai penerus kehidupannya.

Read More

Ada banyak hal yang bisa kita pelajari dari metamorfosis kupu-kupu. Metamorfosisi yang artinya perubahan luar biasa dalam hidup. Mulailah dari tahap telur, cikal bakal lahirnya kehidupan baru, sebagai titik awal dimulainya rangkaian peristiwa kehidupan. Lalu beranjak ke fase ulat, di mana gak jarang orang-orang disekitarnya melihat dengan jijik, enggan mendekat serta dijauhi oleh banyak orang. Ulat yang hanya makan daun segar terbaik sebagai nutrisinya untuk siap menghadapi perubahan berikutnya.

Lalu setelah itu ulat akan berubah menjadi kepompong, menyendiri dari segala hiruk pikuk keramaian, menyepi dan menyukupkan diri dengan semua sumber daya yang dimilikinya. Bersabar dan tawakal pada semua tempaan hidupnya untuk mempersiapkan diri menghadapi sebaik-baiknya perubahan bentuk diri.

Ada banyak hikmah yang bisa kita ambil dari metafora ini, bahwa untuk menjadi sukses bukanlah perkara mudah. Butuh proses dan kerja keras di setiap tahapannya. Ada ketekunan, kesabaran, keuletan, dan kegigihan sebelum akhirnya sampai di puncak kehidupan. Bahwa yang bisa menolong kita ya diri kita sendiri walaupun gak bisa menampik juga bahwa kia butuh kawan seperjalanan untuk sampai di puncak dan pastinya kekuatan Ridha dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Anggap saja kita menjalani setiap fasenya dengan jiwa besar, dengan niat untuk terus tumbuh lebih baik. Seperti kupu-kupu yang senantiasa menghiasi alam dan menjadi teladan bagi manusia.

Bahwa ada makna terindah dalam setiap proses yang kita jalani.

Entah si ulat buruk rupa yang sibuk menyukupkan dirinya dengan daun muda pilihan dan mencari teman seperjalanan, entah pula si kepompong mandiri yang berdalog dalam sunyi, menjalani aneka tapa dan muhasabah diri untuk siap menjelma menjadi bentuk terbaik yang kita miliki.

Fyiugh, perjalanan masih sangat panjang, terlalu sayang untuk berhenti di tengah jalan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *