Potluck dan botraman di pinggir gua

  • Whatsapp
banner 468x60

Merujuk sebuah istilah yang populer di kalangan orang Sunda yaitu Botram atau Munggahan yang terjemahan bebasnya adalah makan bersama. Biasanya tradisi ini akan muncul mendekati waktu puasa Ramadhan.

Munggahan berasal dari kata unggah yang artinya naik. Hal ini berarti naik ke bulan suci atau bulan yang lebih tinggi keistimewaannya. Sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT. Bertujuan membersihkan diri dari segala pengaruh buruk saat menjalani ibadah Ramadhan.

Sedangkan Botram merujuk pada istilah makan bersama. Dilakukan di sembarang tempat dengan tujuan mengikat tali persaudaraan.

Ketika pandemi belum melanda, sudah sangat umum jika acara luring Ibu Profesional dilaksanakan dengan sistim botram. Baik dilaksanakan di lapangan terbuka, maupun di salah satu rumah anggota beralaskan daun atau tikar. Hal yang utama adalah, peserta botram membawa lauk pauk dari rumah dan kemudian saling bertukar makanan. Ada ruh kebersamaan yang dijunjung tinggi pada tradisi semacam ini.

Ketika kami, para mahasiswi bunda cekatan Ibu Profesional telah masuk ke tahap ulat. Saat ini kami tengah berada di dalam kegelapan. Kami diminta mengasah ketajaman indra pendengaran kami, berpegangan pada bantuan suara dari teman-teman. Menyantap sajian potluck dalam miskinnya cahaya.

Sehingga harapannya, indra pendengaran semakin terlatih untuk mendengar riuh redam suara.

Makanlah sebelum lapar dan berhe tilah sebelum kenyang. Nampaknya anjuran Nabi ini cukup untuk mewakili keadaan kami hari ini.

Ulat-ulat yang mulai ligat mencari daun muda terbaik yang akan mereka gunakan untuk bertahan hidup dan meningkatkan kualitas dirinya.

Di pekan ini saya membagikan sebuah potluck mengenai dasar protokoler.  Do and donts saat menghadiri undangan kenegaraan atau mewakili instansi/organisasi di dalam suatu jamuan resmi.

Podcast ini bisa didengar melalui aplikasia anchor atau spotify melalui perangkat pintarmu.

Dasar Protokoler :

Aturan dasar tentang protokoler

Ada aneka jenis potluck yang dibagikan teman-teman satu angkatan. Banyam hal menarik, tapi kembali berpegang pada prinsip menarik dan saya butuhkan.

Ada satu hal menarik yang saya dapatkan dari sharing Mbak Khoirun Nikmah tentang Clear Clutter, Simplify your life with ViTaMin ala NikNik.

Dari podcast ini saya belajar banyak sekali clutter alias kekacauan bisa menggunakan vitamin yang dirinci sebagai berikut:

  • Visualisasikan impian
  • Cintai apapun prosesnya
  • Minimalis

Mungkin di saat banyak waktu luang untuk berdaring, saya akan perdengarkan ulang semua podcast/video yang teman-teman saya kirimkan.

 

Semangat terus belajar dan memperbaiki diri ya mak 😍

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *